Home Berita Daerah PEMERINTAH SUBSIDI PREMI ASURANSI NELAYAN

PEMERINTAH SUBSIDI PREMI ASURANSI NELAYAN

436
0

Bengkulu Selatan,- Pemerintah daerah kabupaten Bengkulu Selatan menganggarkan dana premi asuransi nelayan di anggaran perubahan tahun 2018 sebesar Rp. 108.000.675,-.

Asuransi nelayan ditargetkan bisa mengakomodir seluruh nelayan di kabupaten Bengkulu Selatan. Saat ini terdata sejumlah 621 orang nelayan yang akan ditanggungkan untuk pembayaran premi.

Kepala Dinas Perikanan kabupaten Bengkulu Selatan Novianto, M.Si melalui Kepala Bidang Perikanan Tangkap Syaiful Anwar, menjelaskan sejak tahun 2016 lalu pemerintah pusat dibawah Kementerian Kelautan Perikanan mengelontorkan dana untuk asuransi nelayan.

“Sejak dua tahun terakhir (2016) kementerian pusat telah menganggarkan untuk asuransi nelayan namun per oktober 2018 distop, oleh karena itu atas usulan pak Plt Bupati anggaran premi asuransi ini kita akomodir di anggaran pemerintah daerah.” Ujar Syaiful Anwar.

Dijelaskan Syaiful, saat ini tengah dilakukan verifikasi pengolahan data nelayan penerima premi asuransi untuk kemudian diserahkan dengan pihak perusahan yang menjalin MoU kerjasama dengan pemerintah daerah.

Sementara itu, Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, menyatakan subsidi pembayaran asuransi nelayan ini cukup krusial mengingat musibah kecelakaan kerja kerap menimpa nelayan kabupaten Bengkulu Selatan.

“Pada dasarnya program asuransi nelayan yang dianggarkan pemerintah pusat merupakan stimulan bagi para nelayan untuk mengantisipasi kemungkinan terburuk ketika pergi melaut, diharapkan dengan adanya asuransi dapat meringkan beban ketika terjadi kecelakaan melaut maupun ketika tidak pergi melaut.” Jelas Gusnan.

Tahun 2018 ini tercatat beberapa kali musibah kecelakaan laut menimpa nelayan, hingga merenggut nyawa korban. Satu diantaranya Nasrah, terdaftar sebagai penerima asuransi program pemerintah dan kemudian diberikan santunan oleh pihak perusahaan asuransi kepada pihak keluarga.(Media Center)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here