Home Berita Investor Minati Pengembangan Budidaya Ikan Patin Bengkulu Selatan

Investor Minati Pengembangan Budidaya Ikan Patin Bengkulu Selatan

69
0

Bengkulu Selatan – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, berupaya menggandeng investor guna mengembangkan budidaya ikan patin di daerah tersebut.

“Saat ini sudah ada investor swasta yang telah menyampaikan ketertarikannya untuk pengembangan budidaya ikan patin,” kata Pelaksana Tugas Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi, saat acara sosialisasi pengembangan budidaya kolam di Seginim, beberapa waktu lalu.

Gusnan menyebutkan bahwa pihak investor ialah PT. Centra Proteina Prima (CPP) merupakan perusahaan yang khusus membidangi budidaya udang dan ikan, sekaligus produsen pakan dan probiotik untuk pasar lokal dan luar negeri.

“Mereka berkomitmen untuk membantu penyediaan bibit, pakan hingga pemasaran. Dijadwalkan akhir bulan ini pemilik kolam, beserta beberapa kepala desa, BumDes dan pihak dinas Perikanan akan berkunjung (study banding) ke lokasi kawasan budidaya ikan kolam di Lampung milik PT. CPP,”ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bengkulu Selatan Novianto, menuturkan saat ini ada 125 pemilik kolam dengan luas 177 hektare yang siap menjadi mitra investor terkait pengembangan budidaya ikan patin.

“Kolam-kolam itu terletak di tiga kecamatan, yaitu Seginim, Air Nipis, dan Kedurang,” ujar Novianto.
Lebih lanjut dia menerangkan, dengan masuknya pelaku investasi maka hal ini diharapkan mampu mengentaskan persoalan kolam air deras yang berpolemik sekaligus mendorong peningkatan kualitas dan kuantitas produk perikanan di Bengkulu Selatan.

“Sekarang daerah ini merupakan produsen ikan nila dan ikan mas. Pengembangan budidaya ikan patin merupakan terobosan pemerintah dalam meningkatkan ekonomi masyarakat di Bengkulu Selatan,” imbuh Novianto. Kamis, (18/10). (Mc.BengkuluSelatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here