Home Berita Bantu Biaya Pendidikan Pelajar, Alokasi Dana BOSDA Ditingkatkan

Bantu Biaya Pendidikan Pelajar, Alokasi Dana BOSDA Ditingkatkan

421
0
Foto : MC Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, mengusulkan peningkatan dana bantuan operasional sekolah daerah (Bosda) senilai total Rp2 miliar untuk tahun ajaran 2019 mendatang.

“Peningkatan bantuan ini untuk meringankan beban wali murid yang kurang mampu finansial, sehingga anak-anak mereka tetap bisa bersekolah,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan Darmin di Manna, Rabu (31/10/2018).

Darmin menuturkan, alokasi dana yang digelontorkan pemerintah daerah tahun 2018 sebesar Rp1,2 miliar, sedangkan untuk tahun ajaran 2019 meningkat menjadi Rp2 miliar.

Adapaun untuk rincian besaran bantuan Bosda setiap siswa SD yang awalnya hanya Rp10.000 ribu per bulan, akan meningkat menjadi Rp30.000 per bulan. Sedangkan untuk siswa SMP yang semula Rp20.000 per bulan, akan ditambah menjadi Rp50.000 per bulan.

“Bosda tidak diberikan langsung untuk siswa, tapi kepada pihak sekolah yang dihitung berdasarkan jumlah siswa di tiap sekolah. Bantuan ini agar sekolah dapat membiayai kegiatan operasional, seperti belanja pegawai, barang, jasa, dan modal,” ujarnya.

Pelaksana Tugas Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi berharap, pihak sekolah dapat menggunakan alokasi dana Bosda ini sesuai kebutuhan agar para siswa dapat mengeyam pendidikan secara maksimal.

“Dengan meningkatnya alokasi bantuan pendidikan, maka diharapkan meningkatnya kualitas dan mutu sekolah dalam memberikan layanan pendidikan yang baik bagi anak-anak di Bengkulu Selatan,” ucap Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here