Home Berita Daerah Fokus Pengembangan Wisata Pasar Bawah dan Arung Jeram

Fokus Pengembangan Wisata Pasar Bawah dan Arung Jeram

39
0

Bengkulu Selatan – Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Bengkulu Selatan, Drs. Yulian Fauzi MAP mengatakan, dua objek wisata ungggulan di Bengkulu Selatan, yakni pantai Pasar Bawah dan arung jeram, Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna, menjadi prioritas pengembangan wisata tahun 2019.

Untuk pantai Pasar Bawah akan dibangun lampu taman, jalan kawasan taman dan rehab gazebo.

Untuk pendanaan, lanjutnya, bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Kemenpar RI TA 2019.

Sementara untuk objek wisata Arung Jeram, pihak Dispar menambah 10 unit perahu karet dan membangun toilet dan kamar mandi di lokasi garis finis Desa Kayu Ajaran.

“Pengembangan di wisata Arung Jeram ini sumber danannya dari DAU, dengan estimasi biayanya sekitar Rp300 juta. Untuk Pasar Bawah masih kita rancang. Estimasi biaya mencapai pukuhan miliar, yang diajukan dari DAK dan DAU,” ujarnya, Jumat (2/11/2018)

Tahun 2018 ini, pihaknya 2018 sudah membangun rest area di garis mulai Arung Jeram dan membangun panggung, lampu taman dan pergola di kawasan Pantai Pasar Bawah.

“Pihak Kemenpar sendiri merespon positif untuk pembangunan dan pengembangan pantai Pasar Bawah dan Arung Jeram ini,” ungkapnya.

Yulian mengeluhkan, minimnya kesadaran masyarakat menjaga objek wisata sebagai aset daerah. Salah masalahnya, masih sering terlihat hewan ternak yang berkeliaran di sekitar kawasan wisata.

“Kami harap jadi perhatian bagi masyarakat dan khususnya pihak Satpol PP turut berperan aktif menertibkan ternak. Kalau dibiarkan terus selain tidak sedap dipandang mata dapat juga merusak,” demikian Yulian. (MC Bengkulu Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here