Home Berita 10 Ribu Bibit Kelapa Sawit Siap Dibagikan

10 Ribu Bibit Kelapa Sawit Siap Dibagikan

312
0
Ilustrasi

Bengkulu Selatan – Informasi penting bagi petani kelapa sawit di Kabupaten Bengkulu Selatan. Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan siap membagikan 10 ribu Bibit Kelapa Sawit. Ditargetkan pada Desember mendatang, bibit tersebut sudah didistribusikan ke petani.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Sukarni melalui Kabid Perkebunan, Kusman Fauzi mengimbau kepada masyarakat yang berminat untuk segera mengajukan permohonan melalui Petugas Lapangan atau Petugas Perkebunan Kecamatan (PPK).

Usulan bisa dilakukan secara perorangan maupun kelompok tani. Persyaratannya terbilang sederhana, cukup melampirkan foto kopi KTP, KK dan SKT/Sertifikat tanah.

Setelah usulan diterima, menurut Kusman, akan dilakukan verifikasi lapangan.

“Saat ini umur bibit sudah 7 bulan. Kalau Desember nanti dibagi, artinya sudah berumur 9 bulan. Dalam waktu dekat bibit ini akan disertifikasi dan dilabel,” sampai Kusman Fauzi, Jumat (2/11/2018).

Namun Kusman Fauzi belum bisa memastikan apakah bibit tersebut nantinya akan dibagikan secara gratis atau ditarif untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Nanti berapa untuk PAD per batangnya itu belum ditentukan, nanti akan kami konsultasikan dulu dengan pak Plt. Apakah Rp15 ribu per batang, atau bisa digratiskan. Itu belum diputuskan,” beber Kusman.

Namun Kusman mengingatkan agar petani dan lahan yang diusulkan sesuai dengan aturan tata ruang Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Untuk Kecamatan Ulu Manna, Air Nipis dan Kedurang itu tidak bisa mengusulkan bibit sawit, karena wilayah di sana RTRW nya tidak diperuntukkan penanaman kelapa sawit. Kecuali lahan di luar Kecamatan itu, silahkan masukkan usulan,” pungkas Kusman Fauzi. (MC Bengkulu Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here