Home Berita Inspektorat Turunkan 28 Auditor Periksa Keuangan Desa

Inspektorat Turunkan 28 Auditor Periksa Keuangan Desa

782
0
Inspektur IPDA Bengkulu Selatan, Hj Diah Winarsih SH

Bengkulu Selatan – Inspektorat Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu, menurunkan 28 auditor guna memeriksa keuangan 142 desa di wilayah itu.

“Pemeriksaan ini sifatnya rutin untuk mengantisipasi terjadinya penyelewengan Dana Desa (DD) dan Anggaran Dana Desa (ADD),” kata Kepala Inspektorat Bengkulu Selatan Diah Winarsih di Manna, Jumat (2/11/2018).

Ada empat aspek keuangan desa yang diperiksa oleh tim auditor, yaitu dana desa, anggaran dana desa, dana bagi hasil retrebusi, dana bagi hasil pajak hingga sumber pendapatan asli desa.

Pemeriksaan itu juga dilakukan mulai dari pengelolaan administrasi keuangan desa hingga pembangunan fisik desa.

“Setiap tim ada delapan-sembilan orang auditor. Mereka bekerja selama 60 hari untuk menyelesaikan semua audit keuangan desa di Bengkulu Selatan,” ujarnya.

Lebih lanjut Diah Winarsih menuturkan, tim pemeriksa akan melihat progres pembangunan yang dilaksanakan pemerintah desa. Apabila ada temuan penyelewengan DD dan ADD, maka pihaknya akan segera melakukan proses hukum.

“Kami memeriksa desa yang memiliki dana besar, karena rentan korupsi dan penyalahgunaan. Pemeriksaan ini penting untuk membuat roda pemerintah desa berjalan baik, sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Dalam pemeriksaan ini, ada dua pihak yang diminta keterangan oleh auditor terkait keuangan desa, yaitu kepala desa dan bendahara. (MC Bengkulu Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here