Home Berita Bengkulu Selatan Canangkan Germas dan Deklarasi Desa ODF

Bengkulu Selatan Canangkan Germas dan Deklarasi Desa ODF

40
0
Foto : MC Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan pencanangan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan deklarasi desa Open Defecation Free (ODF) di daerah.

“Hari ini kita melakukan pencanangan Germas dan deklarasi desa ODF atau meninggalkan perilaku buang air besar sembarangan,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkulu Selatan Redwan Arief, di Desa Gedung Agung, Pino, Rabu (7/11).

Redwan Arief mengatakan bahwa Germas adalah gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI dalam rangka penguatan paradigma pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya rehabilitatif, dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat.

“Terkait deklarasi ODF atau meninggalkan perilaku buang air besar sembarangan, ada 17 desa di kabupaten Bengkulu Selatan yang telah melakukan capaian pencanangan,” ujar Redwan.

Terpisah, Plt Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi berharap masyarakat dapat ikut bersama-sama menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat. Hal ini dikarenakan tanpa adanya peran dari stakeholder dan sektor terkait yang mendukung infrastruktur dan sarana prasarana, tujuan diluncurkannya Germas tersebut tidak akan tercapai.

“Germas dan perilaku buang air besar sembarang (ODF) adalah instrumen menciptakan perilaku hidup sehat masyarakat. Kedepan kita targetkan seluruh desa, total 142 desa, dapat merealisasikan program kesehatan ini,” Tutur Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here