Home Berita PLTMH Batu Balai Segera Beroperasi, Pasokan Listrik Bertambah

PLTMH Batu Balai Segera Beroperasi, Pasokan Listrik Bertambah

70
0

Bengkulu Selatan – Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) di Batu Balai Desa Sukarami Kecamatan Air Nipis selesai dibangun. Ditargetkan pada akhir November PLTMH berkapasitas 3 Mega Watt ini segera beroperasi dan menambah pasokan listrik di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Manajer PT. Manna Energy Pratama,pengembang PLTMH Batu Balai, Mibo Setyo Budi menjelaskan, Senin (12/11) mendatang dijadwalkan akan dilakukan tahap uji coba pengoperasian yang akan dihadiri oleh pihak PLN.

“Setelah itu nanti baru akan dilakukan proses tanda tangan kontrak dengan PT PLN. Oleh karena itu kami targetkan akhir November ini sudah mulai beroperasi,” jelas Bimo.

Lanjut Bimo, PLTMH Batu Balai ini akan mensuplai listrik ke gardu induk PLN Manna. Sedangkan wilayah distribusinya akan diatur oleh pihak PT PLN.

“Untuk distribusinya ke wilayah mana saja itu wewenang PLN. Tapi misalkan PLTMH Batu Balai ini didistribusikan untuk Seginim, Air Nipis dan Kedurang, insya Allah cukup,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Bengkulu Selatan, Samsu Hardi menyampaikan, Ada tiga perusahaan lagi yang telah dikeluarkan izinnya untuk pembangunan PLTMH di Bengkulu Selatan. Yakni PT. Tripta Nusa Energi, PT.Mitra Arana Sinergi dan PT.Indonesia Power.

“Kalau untuk PLTMH yang di Batu Balai itu belum lama ini kami cek, laporan yang masuk itu pekerjaan sudah 98 persen, tinggal disambungkan saja, terus operasi. Nah satu lagi yang progres laporannya positif itu PT Indonesia Power, saya optimis ini ke depannya ini akan mengikuti langkah PLTMH di Batu Balai,” jelas Hendra.

Berdasarkan data di DPMPTSP, total realisasi investasi yang dilakukan PT. Manna Energy Pratama pada laporan triwulan ketiga tahun 2018 mencapai Rp132 Miliar. (MC Bengkulu Selatan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here