Home Berita Makna Hari Pahlawan Bagi Plt Bupati Gusnan Mulyadi

Makna Hari Pahlawan Bagi Plt Bupati Gusnan Mulyadi

70
0
Foto : Angga MC Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Peringatan Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 November memiliki makna tersendiri bagi setiap orang. Tak terkecuali bagi Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi.

Gusnan berpendapat pentingnya memaknai Hari Pahlawan dalam kehidupan sehari-hari khususnya bagi kalangan pemuda sebagai generasi penerus bangsa.

“Nilai kepahlawanan tentu bukanlah dalam artian menghunuskan pedang atau bagaimana cara berperang dalam artian sesungguhnya. Namun lebih ke arah berperang melawan sifat buruk yang dapat menciderai makna kemerdekaan yang susah payah diperjuangkan para pahlawan,” ujar Gusnan memimpin jalannya upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman gedung Pemkab Bengkulu Selatan, sabtu (10/11).

Gusnan berpendapat meningkatkan inovasi dan kreatifitas dalam diri adalah salah satu cara mengamalkan nilai kepahlawanan dengan meningkatkan daya saing bangsa. Selain itu turut menjaga stabilitas keamanan adalah karakter kepahlawanan yang dapat dilakukan di zaman sekarang ini.

“Introspeksi diri, tidak saling menyalahkan, bahu membahu menjaga persatuan itu merupakan tindakan nyata dalam mewarisi nilai kepahlawanan yang dapat kita amalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tegas Gusnan.

Diharapkan Gusnan, momentum peringatan ini tidak hanya menjadi kegiatan seremonial semata, yang terhenti pada ungkapan ideal tanpa pengamalan dalam kehidupan sehari-hari.

Upacara peringatan Hari Pahlawan ke-73 di Bengkulu Selatan kali ini berlangsung khidmat. Dihadiri unsur forum komunikasi pemerintah daerah (FKPD), pelajar, ASN dan para Veteran. Dilanjutkan dengan prosesi tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Semaku, Padang Panjang. (MC Bengkulu Selatan)