Home Berita Tingkatkan Pemahaman Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di OPD

Tingkatkan Pemahaman Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah di OPD

111
0
Fotografer : Herdi MC. Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Dalam rangka peningkatan kualitas penyelenggaraan manajemen kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD)Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan menggelar Bimbingan Teknis Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), di Gedung Reptaloka, Padang Panjang, Rabu (14/11/2018).

“Tujuannya untuk memperbaiki kualitas perencanaan kinerja melalui langkah-langkah mereview dan memperbaiki dokumen-dokumen perencanaan seperti tujuan dan sasaran serta indikator kinerja utama,” kata Penjabat Sekda Bengkulu Selatan, Drs. H. Yulian Fauzi MAP, dalam sambutannya.

Selain itu menurut Yulian, Bimbingan Teknis SAKIP digelar guna memperbaiki kualitas pelaporan kinerja melalui langkah-langkah laporan kinerja disusun sesuai dengan kriteria pelaporan kinerja yang baik dan evaluasi kinerja internal melalui dengan cara meningkatkan kapasitas evaluator, mendorong pemanfaatan evaluasi untuk kepentingan perbaikan akuntabilitas kinerja berkelanjutan.

“Bimtek ini sangat penting digelar guna meningkatkan pemahaman SAKIP di OPD masing-masing. Sebagai salah satu indikator penilaian baik dari Kementerian PAN-RB dalam SAKIP,” ungkap Yulian.

Yulian menambahkan pemahaman SAKIP di masing-masing OPD masih ada kurang. Seperti belum jelasnya pemahaman tugas, fungsi dan peran masing-masing dalam SAKIP, belum optimalnya koordinasi antara OPD yang berperan banyak terhadap SAKIP, Masih adanya OPD yang belum mengetahui dan tidak merumuskan indikator kinerja utama dalam laporan kinerja OPD.

“Kita belum ada alat ukur komprehensif terkait pengukuran dari setiap indikator kinerja,” sebut Yulian.

Diharapkan para peserta mengikuti Bimtek SAKIP dengan sungguh-sungguh agar informasi dan pengetahuan yang didapat dari Bimtek SAKIP ini diserap dengan baik. Sehingga nantinya dapat dapat digunakan dalam meningkatkan kualitas akuntabilitas kinerja kabupaten Bengkulu Selatan.

“Dengan begitu nantinya kita dapat mewujudkan laporan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang baik setelah adanya kegiatan ini. Saya harap peserta dapat mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh,” pesan Yulian. (MC Bengkulu Selatan)