Home Berita Unit Pemukiman Transmigrasi Batu Ampar Selesai Dibangun

Unit Pemukiman Transmigrasi Batu Ampar Selesai Dibangun

2477
0
Ilustrasi

Bengkulu Selatan – Unit Pemukiman Transmigrasi (UPT) di Batu Ampar Kecamatan Kedurang selesai dibangun. Selanjutnya 25 unit perumahan tersebut akan segera ditempati.

Sehubungan dengan telah selesainya pekerjaan tersebut, menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bengkulu Selatan, Edi Susanto Plt Bupati telah menandatangani surat Siap Terima Penempatan pada awal November lalu.

Bahkan pihak Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) Provinsi Bengkulu telah turun ke lokasi untuk mengecek dan memastikan kesiapan sebelum menerima kedatangan transmigran yang ditargetkan pada akhir Desember mendatang.

Sebelum penempatan, Disnakertrans Kabupaten Bengkulu Selatan telah menggelar sosialisasi terhadap calon transmigran lokal. Sosialisasi digelar selama satu minggu dari 12-18 November 2018.

Diharapkan, melalui sosialisasi yang langsung mendatangkan narasumber dari Kementerian Nakertrans ini, calon transmigran lokal benar-benar memahami kondisi sehingga tidak terkejut lagi ketika menempati pemukiman transmigrasi.

“Untuk transmigran lokal ada 10 KK, dan 15 KK nanti berasal dari Pulau Jawa. Baik dari Jawa Tengah, Jawa Barat, Yogyakarta dan DKI Jakarta,” jelas Edi.

Masing-masing transmigran, menurut Edi, akan menerima lahan seluas 1,4 Hektar. 0,25 Hektar lahan pekarangan dan 1,15 Hektar lahan usaha.

Bengkulu Selatan sendiri telah menyiapkan lahan untuk pencadangan transmigrasi seluas 900 Hektar di Batu Ampar. Saat ini yang terpakai baru seluas 30 Hektar.

“Tahun 2019 juga sudah kita usulkan untuk dibangun lagi. Melihat luas lahan yang tersedia, kita targetkan 300 rumah di sana. Tapi secara bertahap,” pungkas Edi Susanto. (MC Bengkulu Selatan)