Home Berita Bus Sekolah Terintegrasi Layanan Transportasi Umum Segera Beroperasi

Bus Sekolah Terintegrasi Layanan Transportasi Umum Segera Beroperasi

96
0
Ilustrasi

Bengkulu Selatan – Mengingat angka kecelakaan para pelajar yang menggunakan kendaraan roda dua dan membantu pelajar yang jarak tempuh ke sekolahnya cukup jauh. Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, akan kembali memberikan layanan bus pelajar bagi para pelajar yang ada di Bengkulu Selatan.

“Itu menjadi salah satu solusi untuk tekan angka kecelakaan lalu lintas yang cukup tinggi kasusnya di Bengkulu Selatan. Dan juga membantu meringankan beban para pelajar yang jarak sekolah dan rumahnya cukup jauh,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Senin (26/11/2018)

Direncanakan sebanyak empat unit bus milik Pemkab Bengkulu Selatan akan dijadikan armada pengangkut para pelajar di Bengkulu Selatan. Dia berharap mendapat dukungan dari pihak legislatif dalam hal penganggaran operasional sejumlah bus tersebut.

“Rencana awal kita akan manfaatkan bus yang sudah ada saat ini. Ada sekitar empat sampai lima bus yang akan dioperasionalkan kembali nantinya,” ujar Gusnan.

Ditambahkan Gusnan, hal tersebut sangat penting guna menekan angka kecelakaan lalu lintas. Meskipun pihaknya dan Polres Bengkulu Selatan, kerab mensosialisasikan dan mengimbau kepada anak belum cukup usia tidak memakai kendaraan ke sekolah. Namun, menurut Gusnan, sosialisasi dan imbauan yang disampaikan, sejatinya bukanlah sebuah solusi dari berbagai alasan kenapa para orangtua tetap merelakan anak-anaknya memakai kendaraan sendiri ke sekolah.

“Solusinya itu ya dengan memberikan layanan bus pelajar. Kalau ini nantinya ada kesepakatan dengan pihak legislatif maka layanan bus sekolah ini gratis dengan sejumlah jalur utama yang disepakati bersama,” jelas Gusnan.

Bus sekolah itu nantinya, masih kata Gusnan, dapat digunakan masyarakat umum. Sistemnya, setelah mengantar para pelajar ke sekolah masing-masing. Sejumlah bus tersebut diharapkan memfasilitasi transportasi masyarakat umum. Masyarakat tinggal menunggu di sejumlah titik yang akan ditentukan nantinya.

“Untuk masyarakat juga gratis dengan rute dan tujuan yang kita sepakati bersama,” tegas Gusnan.

Adapun jalur atau rute yang direncanakan, sambung Gusnan, bus mengangkut pelajar dari wilayah Kecamatan Bunga Mas-Kayu Kunyit – Jeranglah menuju ke Kecamatan Kota Manna dan sekitarnya sesuai dengan sekolah tujuan masing-masing. Lalu dari Kecamatan Pino (Masat) sampai wilayah Ulu Manna menuju ke Kecamatan Kota Manna. Dan para pelajar dari wilayah Kecamatan Pino Raya dan sekitarnya menuju ke Kota Manna menuju wilayah sekolah masing-masing.

“Memang ini akan terasa berat dari sisi penganggaran dan merupakan sebuah pemikiran yang baru bagi pemerintah daerah dan pihak legislatif. Namun ini adalah niat yang baik untuk azas dan manfaat bagi masyarakat secara besar,” demikian Gusnan. (angga-MC Bengkulu Selatan)