Home Berita Usulkan Pembangunan Rumah Nelayan dan 1.200 Bantuan RTLH

Usulkan Pembangunan Rumah Nelayan dan 1.200 Bantuan RTLH

948
0
Ilustrasi

Bengkulu Selatan – Setelah sukses melakukan pembangunan Rumah Nelayan di Desa Tanggo Raso Kecamatan Pino Raya, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan (Pemkab BS) kembali mengusulkan pembangunan rumah nelayan di Ketaping Kecamatan Manna.

Selain mengusulkan pembangunan perumahan nelayan, melaui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman (Perkim) Pemkab BS juga mengusulkan bantuan bagi 1.200 Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

Kepala Dinas Perkim, Darmawansya melalui Kabid Perumahan, Tedi Setiawan mengaku bahwa usulan pembangunan untuk tahun 2019 tersebut telah disampaikan ke Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR).

“Untuk program KOTAKU sudah disetujui 162 unit tadi, ditambah 38 unit rumah akan dibangun dari APBD. Sementara itu yang sudah bisa dipastikan terkait program bedah rumah tahun 2019,” jelas Tedi.

Namun menurut Tedi, pihaknya tidak puas sampai di situ saja. Sehingga pihak Dinas Perkim terus berupaya untuk mengusulkan pembangunan dan bantuan bagi rumah tidak layak huni di Bengkulu Selatan.

“Kami usulkan 1.200. Biasanya baru akan diketahui apakah usulan kita disetujui atau tidak sekitar bulan Februari atau Maret tahun depan. Kami optimis usulan akan diakomodir. Tapi jumlahnya berapa unit kita tidak tahu,” jelas Tedi, optimis.

Terkait dengan usulan pembangunan 50 unit rumah khusus nelayan di Ketaping, menurut Tedi, Pemrerintah Daerah telah menganggarkan dana Rp380 juta untuk pembebasan lahan seluas 8.200 Meter Persegi pada 2019 mendatang. (MC Bengkulu Selatan)