Home Berita Plt Bupati: Program Jaminan Layanan Kesehatan Prioritas Utama

Plt Bupati: Program Jaminan Layanan Kesehatan Prioritas Utama

442
0
Ilustrasi

Bengkulu Selatan – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan prima kepada seluruh masyarakat. Sebagai salah satu upaya menuju Universal Health Coverage (UHC) atau jaminan kesehatan semesta di Bengkulu Selatan.

“Memberikan pelayanan kesehatan kepada seluruh masyarakat merupakan urusan wajib bagi pemerintah. Maka dari itu kami berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan yang prima kepada seluruh masyarakat,” kata Pelaksana Tugas Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, Selasa (27/11/2018)

Gusnan mengaku prihatin lantaran sebagian masyarakat masih belum mendapatkan layanan asuransi kesehatan. Dia berharap seluruh masyarakat kedepannya nanti memperoleh jaminan kesehatan oleh pemerintah.

Agar hal itu terwujud, pihaknya sudah mencanangkan program Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda yang terintegrasi dengan BPJS Kesehatan untuk memberikan jaminan kesehatan bagi seluruh masyarakat.

Gusnan mengakui keterbatasan anggaran Bengkulu Selatan mengharuskan pihaknya bersama pihak legislatif membuat terobosan baru untuk hal tersebut. Khususnya untuk layanan kesehatan. Dia mengajak pemerintah lebih mengedepankan kepentingan yang lebih besar terhadap masyarakat.

“Mungkin kita bisa menggeser beberapa hal yang sifatnya tidak begitu urgent. Kesehatan ini sangat penting sekali,” ujar Gusnan.

Dikatakan Gusnan, tidak sedikit warga yang kurang mampu harus meregang nyawa lantaran tidak memiliki biaya pengobatan dari penyakit yang diderita. Lantaran pihak pemerintah tidak mampu menyediakan biaya pengobatan secara maksimal.

“Nah, kalau kita sudah mengcover denfan asuransi kesehatan melalui Jamkesda salah satunya, maka setiap pasien dari golongan keluarga kurang mampu khususnya tentu akan merasa terbantu dan merasakan hadirnya pemerintah untuk mereka,” pungkas Gusnan.

Gusnan berharap pihak legislatif turut serta berpartisipasi turut serta mengedepankan atau mengutamakan layanan kesehatan prima untuk masyarakat. Mengingat anggaran daerah yang sangat terbatas maka dari itu dia berharap seluruh pihak termasuk legislatif mengutamakan kesejahteraan masyarakat khususnya dalam hal jaminan asuransi kesehatan bagi masyarakat

“Utamakan hal-hal yang bersifat penting dan berpihak kepada masyarakat,” imbuh Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)