Home Berita Program Sambang Duka, Bentuk Sinergitas Polisi dan Masyarakat

Program Sambang Duka, Bentuk Sinergitas Polisi dan Masyarakat

694
0

Bengkulu Selatan – Dalam rangka menciptakan sinergitas Polisi dan masyarakat, Polres Bengkulu Selatan melakukan sambang duka terhadap warga yang tertimpa musibah meninggal dunia.

Kapolres Bengkulu Selatan, AKBP Rudi Purnomo, S.Ik, MH menuturkan, kegiatan sambang duka merupakan salah satu program Polisi yang bertujuan untuk memasyarakatkan dan mendekatkan hubungan Polisi dengan masyarakat sehingga kehadiran Polisi di tengah masyarakat dapat lebih dirasakan.

“Menciptakan kedekatan dengan masyarakat, membaur dan seperti ini lah salah satu fungsi dan tugas Polisi tidak hanya pada saat masyarakat bergembira tetapi saat warga mengalami musibah kehadiran Polisi juga harus di rasakan masyarakat,“ ungkap Kapolres, Rabu (28/11/2018).

Selain itu pihak Polres Bengkulu Selatan membuka layanan antar jenazah melalui telepon atau datang langsung ke kantor Sat Lantas Polres Bengkulu Selatan. “Jika ada warga yang perlu bantuan, tinggal menghubungi Sat Lantas ataupun anggota Polres Bengkulu Selatan, siapa saja, nanti pasti akan di teruskan ke kita, selanjutnya kita akan langsung menuju rumah duka,” imbuh Kapolres.

Dalam melaksanakan program tersebut sambung Kapolres, pihaknya berusaha untuk selalu jemput bola dengan cara berpatroli sekaligus memantau kondusifitas lingkungan. Nah, bila ada warga yang terkena musibah personel yang sedang berpatroli akan mampir dan turut serta mengurus proses pemakaman.

“Saat berpatroli kita juga jemput bola bila ada masyarakat yang mendapatkan musibah atau meninggal dunia, yang perlu diantar jenazahnya ke TPU langsung kita urus,” terang Kapolres.

Kapolres menjelaskan, dalam sambang duka ini pihaknya bersama anggota Bhabinkamtibmas turut hadir melayat kerumah duka dan membantu proses pemakaman, antara lain mensholatkan jenazah serta melaksanakan pengangkutan jenazah menggunakan mobil patroli Polsek wilayah warga yang tertimpa musibah.

“Sudah menjadi kewajiban polisi dalam melayani masyarakat untuk membantu warga mengawal dan mengantarkan jenazah dengan menggunakan kendaraan dinas, perlu diketahui dalam program ini Sat Lantas juga bekerja sama dengan Sat Sabhara. Jadi dalam pelaksanaannya tidak hanya dengan mobil dinas Sat Lantas, tetapi juga bisa menggunakan mobil dinas Sat Sabhara,” tutup Kapolres.  (MC Bengkulu Selatan)