Home Berita Kasat Pol PP : Penanganan Ternak Butuh Kerjasama Seluruh Lini

Kasat Pol PP : Penanganan Ternak Butuh Kerjasama Seluruh Lini

579
0
Satpol PP Bengkulu Selatan Tertibkan Ternak Liar
Foto : MC Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Ternak yang berkeliaran di sejumlah wilayah perkotaan atau di pedesaan masih menjadi pekerjaan rumah atau PR bagi aparat penegak Perda atau Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bengkulu Selatan.

Bagaimana tidak, meskipun sudah melakukan penertiban namun masih saja hewan ternak bekeliaran di sejumlah wilayah tersebut. Padahal keberadaan ternak yang berkeliaran jelas-jelas melanggar Peraturan daerah, sebagaimana tertuang dalam Perda Nomor 9 Tahun 2013 tentang Penertiban Hewan Ternak di Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bengkulu Selatan, Ir. Susmanto MM mengaku pihaknya sudah sangat intens melakukan penertiban hewan ternak di wilayah kota dan sekitarnya. Sedikit demi sedikit terus berkurang namun belum dapat menghilangkan secara keseluruhan.

“Pada dasarnya hewan ternak yang berkeliaran sudah menurun saat ini. Berkat upaya penertiban ternak yang intens kami lakukan,” ujar Susmanto.

Namun upaya yang dilakukan pihaknya itu belum didukung sepenuhnya oleh pihak pemerintah desa. Susmanto mengaku pihaknya masih sangat kesulitan melakukan penertiban hewan ternak di wilayah pedesaan. Untuk itu pihaknya melakukan arahan peningkatan peran serta desa, salah satunya dengan pembuatan Peraturan Desa tentang penertiban ternak.

“Sangat sulit jika Satpol PP melakukan penertiban hingga ke desa-desa. Itu lantaran keterbatasan baik dari personel ataupun anggaran untuk menjangkau wilayah desa,” ujar Susmanto.

Selain itu pihaknya juga mengambil langkah berkoordinasi dengan Bidang Peternakan Dinas Pertanian Bengkulu Selatan supaya ikut serta dalam hal pembinaan para peternak agar tidak lagi melepasliarkan ternak masing-masing. “Kami yakin dan optimis dapat mewujudkan di tahun 2019 nanti Kabupaten Bengkulu Selatan bebas ternak yang berkeliaran,” demikian Susmanto (MC Bengkulu Selatan)