Home Berita Kader Kesehatan Didorong Sukseskan Program Jamkesda dan JSPS

Kader Kesehatan Didorong Sukseskan Program Jamkesda dan JSPS

440
0
(Herdi/MC Bengkulu Selatan)

Bengkulu Selatan – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan terus berupaya mewujudkan Kabupaten Bengkulu Selatan sehat. Salah satunya melalui program pembentukan kader kesehatan hingga ke tingkat desa. Dalam rangka meningkatkan peran dan fungsinya, Senin  (10/12/2018). Sebanyak 800 kader kesehatan di Bengkulu Selatan diberi diberi pelatihan.

Kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan ini dibuka secara resmi oleh Penjabat Sekretaris Kabupaten Bengkulu Selatan, Yulian Fauzi.

Dalam sambutannya, Yulian Fauzi berharap kader kesehatan ini bisa sejalan dengan program Pemerintah Daerah. Diantaranya program Jemput Sakit Pulang Sehat (JSPS) dan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda).

“Kader kesehatan ini merupakan orang-orang yang tinggal di wilayah tugasnya masing-masing. Sehingga mereka lebih paham kondisi di desa masing-masing,” jelas Yulian Fauzi.

Misalnya, di sebuah desa ditemukan ada warga yang sakit dan belum tersentuh pengobatan. Para kader kesehatan ini diharapkan mampu membantu dan memfasilitasi pengobatan. Termasuk jika belum ada BPJS Kesehatan, menurut Yulian Fauzi bisa diusulkan untuk mendapatkan progam Jamkesda.

“Di samping Kades dan petugas kesehatan lainnya, Kader Kesehatan ini diharapkan mampu menjadi penggerak kesehatan di tingkat desa. Misalkan ada warga sakit yeng belum tersentuh pengobatan, ada program JSPS. Kita jemput, dibawa ke Puskesmas atau Rumah Sakit. Kalau pasien kurang mampu, belum ada BPJS akan kita tanggulangi melalui program Jamkesda,” jelas Yulian Fauzi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan, Redhwan Arif menyampaikan bahwa kader kesehatan ini diberikan pelatihan terkait deteksi dini dan tata cara penanggulang penyakit, P3K, Stunting dan Jampersal, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dan materi lainnya.

“Kader kesehatan diharapkan menjadi Rule Model. Bukan hanya mengetahui dan paham tentang kesehatan, tapi menjadi contoh dan menjadi penggerak masyarakat untuk berprilaku hidup bersih dan sehat,” tegas Redhwan.

Kegiatan peningkatan kapasitas kader kesehatan ini akan dilaksanakan selama 10 hari, dari tanggal 10 sampai 20 Desember 2018. Terbagi di tiga tempat pelaksanaan, yakni di Aula Dinas Kesehatan, ruang pertemuan water park dan Hotel Ayu. (MC Bengkulu Selatan)