Home Berita Pemberdayaan Disabilitas Butuh Kerjasama Seluruh Elemen

Pemberdayaan Disabilitas Butuh Kerjasama Seluruh Elemen

392
0
Plt Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, menghadiri acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 dan HUT ke 2, Lembaga Perlindungan Penyandang Disabilitas Sehati. (Herdi/MC Bengkulu Selatan)

Bengkulu Selatan – Pemkab Bengkulu Selatan, menggelar acara peringatan Hari Disabilitas Internasional (HDI) 2018 dan HUT ke 2, Lembaga Perlindungan Penyandang Disabilitas Sehati. Acara digelar di lapangan Taman Merdeka Manna, Kamis (13/12/2018).

Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, hadir sekaligus membuka acara secara resmi. Tema Peringatan HDI 2018 sendiri adalah “Inklusi dan Ramah Disabilitas untuk Bengkulu Selatan”.

Dengan momentum HDI 2018 ini, diharapkan dapat meningkatkan peran serta pemerintah, swasta maupun masyarakat termasuk organisasi sosial dan relawan.

“Semua eleman harus memiliki peran dan tanggung jawab untuk mewujudkan masyarakat yang terbuka serta menciptakan dan memperbesar peluang akses para penyandang disabilitas dalam seluruh aspek kehidupan sosial,” papar Gusnan.

Dikatakannya, dengan peringatan HDI 2018, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, kepedulian dan keberpihakan pemerintah dan seluruh komponen masyarakat terhadap penyandang disabilitas.

Juga, lanjut Gusnan, terwujudnya partisipasi semua pihak dalam peran serta upaya pemberdayaan dan perlindungan sosial penyandang disabilitas, serta terwujudnya masyarajat yang inklusif bebas hambatan bagi penyandang disabilitas berdasarkan kesetaraan.

Dalam kesempatan itu, Gusnan mengapresiasi penampilan seni kreatiditas para anak disabilitas. Diantaranya ada yang menyanyi dan menari serta kerajinan tangan buah karya para siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) 01 Bengkulu Selatan.

Gusnan menyebut, penyandang disabilitas juga mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam mengisi dan menikmati hasil-hasil pembangunan yang telah dicapai. Oleh karena itu, dia berharap semua elemen konsisten dan terus mengembangkan upaya pemberdayaan kepada penyandang disabilitas.

“Tanpa dukungan dan kerjasama dari semua pihak, pemberdayaan penyandang disabilitas tidak akan berjalan dengan baik seperti yang diharapkan,” tandas Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)