Home Berita Kucurkan Dana Puluhan Miliar Untuk Rehab Sekolah 2019

Kucurkan Dana Puluhan Miliar Untuk Rehab Sekolah 2019

445
0

Bengkulu Selatan – Upaya peningkatan fasilitas sekolah yang dilakukan Pemkab Bengkulu Selatan patut diapresiasi. Buktinya, puluhan gedung SD dan SMP akan direhab tahun 2019 mendatang. Dana yang dikucurkan untuk rehab sekolah sebesar Rp24,8 miliar.

“Sumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Pendidikan Kemendikbud RI Tahun Anggaran 2019. Tahun ini DAK Bidang Pendidikan yang didapat cukup besar dari beberapa tahun belakang yang hanya sekitar Rp4-5 miliar,” kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Bengkulu Selatan, H. Darmin SE, Selasa (18/12/2018).

Adapun rinciannya, Rp 21,4 miliar untuk sekolah dan Rp 3,4 Miliar untuk sanggar kegiatan belajar (SKB). Dana tersebut, kata Darmin, akan digunakan untuk rehab gedung sekolah atau membangun gedung sekolah. Prioritas penyaluran dana yakni sekolah yang letaknya di pedesan.

“Sekolah yang kondisi gedung sekolahnya banyak rusak, akan menjadi prioritas penerima kucuran DAK ini,” ujarnya.

Dikatakan Darmin, dengan adanya kucuran DAK Bidang Pendidikan tersebut, dirinya berharap banyak sekolah di Bengkulu Selatan yang gedungnya rusak bisa diperbaiki. Sehingga dapat meningkatkan proses belajar mengajar di sekolah. Dengan harapan mutu pendidikan di Bengkulu Selatan dapat semakin ditingkatkan.

“Dari APBD tahun anggaran 2019 juga sudah kita usulkan untuk peningkatan sarana dan prasarana sekolah. Mulai dari pengadaan mebeler berupa kursi dan meja untuk guru dan siswa sampai pembangunan gedung. Total anggarannya sekitar Rp5 miliar,” pungkas Darmin. (MC Bengkulu Selatan)