Home Berita Program Kube Dorong Ekonomi Perdesaan

Program Kube Dorong Ekonomi Perdesaan

806
0
Validasi calon penerima Kube Pedesaaan Dinas Sosial Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan bantuan dana hibah untuk penguatan modal sebanyak 50 kelompok usaha bersama (KUBE) di Kabupaten Bengkulu Selatan.

“Kelompok usaha yang mendapat bantuan penguatan modal itu masing-masing menerima sebesar Rp20 juta per kelompok,” kata Kepala Dinas Sosial Bengkulu Selatan, Drs. Heriyadi didampingi Kabid Penanganan Fakir Miskin Lesmi Despitasari S.Sos, Rabu (2/1/2019)

Dikatakan Lesmi, penguatan modal tersebut guna meningkatkan pendapatan ekonomi masyarakat desa melalui program pemberdayaan keluarga miskin. Saat ini, pelaku usaha kecil di pedesaan wilayah Kabupaten Bengkulu Selatan tumbuh pesat, namun mereka terkendala dengan permodalan.

“Kami berharap kelompok usaha ini dapat memanfaatkan dana KUBE untuk peningkatan ekonomi keluarga,” ujar dia.

Dijelaskannya, program KUBE ditujukan untuk memutus mata rantai kemiskinan agar para anggota kelompok kreatif meningkatkan pendapatan ekonomi keluarga. Untuk itu, program bantuan dana KUBE diberikan kepada warga miskin yang memiliki ketrampilan juga usaha dalam skala kecil.

“Kami benar-benar mengawasi penyaluran dana KUBE dengan melibatkan pengawasan dan pendamping dari unsur pekerja sosial masyarakat, tokoh masyarakat dan organisasi kepemudaaan,” ungkap dia.

Lesmi mengaku pihaknya juga memberikan pembinaan administrasi, keuangan dan pengawasan kegiatan KUBE tersebut. Sebab program KUBE bisa mengatasi kemiskinan dan pengangguran. Masyarakat yang menerima bantuan KUBE antara lain kelompok usaha bersama bidang peternakan, perikanan, pertanian, perbengkelan, pedagang sayuran, dan warungan.

Untuk penerima tahun ini masih kita evaluasi serta verifikasi calon penerima. Mudah-mudahan dengan kembali disalurkannya program Kube perdesaan di Bengkulu Selatan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat desa,” demikian Lesmi. (MC Bengkulu Selatan)