Home Berita Gelar Pelatihan siMaya Di Lingkungan Diskominfo

Gelar Pelatihan siMaya Di Lingkungan Diskominfo

205
0

Bengkulu Selatan – Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Bengkulu Selatan menggelar pelatihan penggunaan Aplikasi siMAYA (Administrasi Perkantoran Maya) di lingkungan Diskominfo Bengkulu Selatan, dikantor Diskominfo, Senin (21/1/2019). Pelatihan diikuti oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang, Kasubag, Kasi dan Staf dilingkungan Diskominfo.

Kepala Diskominfo Bengkulu Selatan, Supran MH, mengatakan, efisiensi dan efektifitas adalah tuntutan mendasar bagi kinerja birokrasi dewasa ini. Hal tersebut berlaku pula dalam hal tata kelola surat menyurat. Surat menyurat dan disposisi tidak harus dilakukan dengan cara manual namun dengan aplikasi elektronik sehingga kerja administrasi lebih efektif.

“Penerapan aplikasi siMAYA dapat meningkatkan E-Government di Bengkulu Selatan, guna mewujudkan tata pemerintah yang lebih baik atau good governance,” katanya.

Selain itu, lanjut Supran, meningkatkan koordinasi dan pekerjaan administrasi perkantoran, terutama surat masuk dan pengarsipan surat, semula yang dilakukan secara menual bisa dilakukan secara otomatis dalam artian lebih cepat, lebih tepat, efisien dan efektif.

Ditambahkan Supran, penerapan aplikasi siMAYA sendiri dapat dilakukan atau dilaksanakan dengan cepat dan diharapkan mampu untuk meningkatkan efektifitas dan produktifitas kerja, serta tertib administrasi dilingkungan Dinas Komunikasi dan Infomatika.

“Sebagai awal kami (Diskominfo) yang menerapkan aplikasi siMaya ini. Kedepan akan diterapkan di seluruh OPD jajaran Pemkab Bengkulu Selatan,” pungkas Supran.

Diketahui, penerapan aplikasi yang didesain sebagai portal aplikasi generik memungkinkan Pegawai Negri Sipil (PNS) dapat bekerja dimana saja yang sesuai dengan landasan kebijakan Perpres 95 tahun 2018 tentang SPBE, UU ITE, UU PSTE (Penyelengaraan Sistem Transaksi Elektronik), Permen PAN dan RB No.80 tahun 2012 dan SE Menpan No.05 Tahun 2013 tentang sistem informasi Tata Naskah Dinas Elektronik (TNDE) pada instansi Pemerintah. (MC Bengkulu Selatan)