Home Berita Serahkan Sertifikat Tanah, Plt Bupati : Gadai Silahkan, Asal Untuk Modal Usaha

Serahkan Sertifikat Tanah, Plt Bupati : Gadai Silahkan, Asal Untuk Modal Usaha

138
0

Bengkulu Selatan – Sejumlah sertifikat bidang tanah program Pendaftaran Sertifikat Tanah Sistematis (PTSL) kembali dibagikan kepada warga tiga desa di kecamatan Ulu Manna. Kamis, (24/01).

Penyerahan dilakukan secara simbolik oleh Pelaksana Tugas Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi, di Balai Desa Lubuk Tapi. Total yang dibagikan sebanyak 497 sertifikat dengan rincian 152 untuk warga Desa Lubuk Tapi, 195 untuk warga Simpang Pino, 280 kepada warga Merambung.

Dalam sambutannya Gusnan, mengimbau warga yang belum memperoleh sertifikat atau belum diproses agar bersabar.

“Jika belum (diproses) harap bersabar. Ini program Presiden agar semua tanah masyarakat terdaftar,” katanya.

Pria yang kerap disapa Gundul itu, pun meminta masyarakat untuk merawat surat berharga tersebut dengan baik. Kalaupun ingin dijadikan jaminan ke pihak perbankan agar kiranya dijadikan modal usaha agar meningkatkan taraf hidup perekonomian.

“Kalau mau gadai silahkan, tapi tolong jadikan modal usaha. Jangan dibelikan palak gaguak untuk makan lemak (enak),” ujar Gusnan.

Diketahui program pembagian sertifikat merupakan program pemerintah pusat dengan mekanisme pengusulan dari pemerintah desa ke kantor Pertanahan. Dan untuk biaya administrasi sebesar Rp200 ribu sesuai aturan kesepakatan tiga menteri dan Perbup tahun 2017 sebagai acuan.

“Sekali lagi tidak ada batasan bagi warga untuk mendapatkan Persil. Bagi masyarakat yang belum memperoleh silahkan hubungi kades,” pungkas Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)