Home Berita Pemkab Bantu Petani Ikan Patin

Pemkab Bantu Petani Ikan Patin

142
0

Bengkulu Selatan – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan melalui Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) serta Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Bengkulu Selatan tahun 2019 ini akan menyalurkan bantuan senilai Rp450 juta untuk para petani Ikan Patin di Bengkulu Selatan.

Kepala BPMD Bengkulu Selatan, Siswanto S.Sos mengaku pihaknya telah berupaya jemput bola bantuan ke Kemendes PDTT RI untuk membantu para petani Ikan Patin di Bengkulu Selatan. Hasilnya, pihak BPMD Bengkulu Selatan mendapatkan dana senilai Rp200 juta dari pihak Kemendes PDTT RI untuk membantu 4 kelompok petani Ikan Patin.

“Untuk desa sasaran masih kita tinjau yang pasti sasarannya di Kecamatan Seginim dan Air Nipis. Bantuan menyasar 4 kelompok petani ikan dengan masing-masing kelompok akan mendapatkan dana bantuan senilai Rp20 juta,” beber Siswanto.

Sementara itu, Kepala  DKP Bengkulu Selatan, Novianto M.Si mengklaim jenis bantuan yang akan disalurkan pihaknya adalah bertujuan untuk menekan biaya produksi pembudidayaan Ikan Patin. Dengan dana sebesar Rp250 juta. Pihak DKP Bengkulu Selatan akan melakukan pembesaran bibit Ikan Patin di tiga Balai Benih ikan (BBI) milik Bengkulu Selatan.

Lokasi pembesaran bibit Ikan Patin tersebut yakni di BBI Desa Darat Sawah, kawasan Pematang Gambir Desa Palak Bengkerung, Kecamatan Air Nipis dan di Desa Rantau Sialang, Kecamatan Kedurang.

“Kita akan lakukan pembesaran bibit Ikan Patin di tiga BBI. Nah, setelah dua bulan usia bibit ikan. Kemudian para petani ikan bisa membeli bibit ikan tersebut dib alai benih ikan denganharga yang terjangkau,” pungks  Novianto.

Novianto berharap program pembudidayaan ikan Patin ini terus terlaksana apapun yang terjadi. Karena menurutnya, kegiatan pembudidayaan Ikan Patin bagi para petani ikan ini diharapkan dapat menekan angka kemiskinan di Bengkulu Selatan.

“Tentunya dapat meningkatkan kesejahteraan khususnya bagi para petani ikan di Bengkulu Selatan,” imbuh Novianto. (MC Bengkulu Selatan)