Home Berita Gusnan Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

Gusnan Ajak Masyarakat Kurangi Penggunaan Sampah Plastik

231
0

Bengkulu Selatan – Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengajak masyarakat, untuk mengurangi penggunaan minuman dari botol plastik dan membawa tempat minum sendiri.

Tidak hanya itu, ia juga mengajak aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab untuk tidak lagi menggunakan botol plastik air minum sekali pakai. Termasuk, tamu yang datang tidak disediakan botol plastik air minum melainkan disediakan gelas dan teko air.

Begitu juga dalam setiap kegiatan yang digelar untuk tidak menggunakan minuman dalam kemasan plastik. Bisa juga disiapkan teko air minum dan ada salah satu dari panitia penyelenggara untuk menuangkan air dari dalam teko.

“Ini dilakukan untuk mengurangi dampak mikroplastik kepada kita. Itu (mikroplastik) salah satu yang menyebabkan stunting. Dan sejatinya kebersihan adalah salah satu pncgahan dari stanting ini,” ujar Gusnan, belum lama ini.

Lebih lanjut Gusnan menjelaskan, tidak hanya soal penggunaan tempat minum tapi juga kantong plastik belanja. Sehingga, diharapkan membawa keranjang bawaan daripada mengandalkan plastik pemberian penjual.

“Kurangi penggunaan sampah plastik. Dengan begitu tentu kita akan terjaga dari paparan mikroplastik. Ya, diawali dengan diri sendiri dan keluarga. Saya, istri dan anak anak saya sekarang sudah membawa botol minuman sendiri kemana mana,” tandas Gusnan, Kamis (21/3/2019) (MC Bengkulu Selatan)