Home Berita “Kades Jangan Asal Sebut Warga Miskin, Nanti Berbalik”

“Kades Jangan Asal Sebut Warga Miskin, Nanti Berbalik”

311
0

Bengkulu Selatan – Bantuan sosial (Bansos) harus disalurkan dan diterima tepat sasaran. Hal itu agar bansos yang diberikan oleh pemerintah bermanfaat bagi keluarga penerima bantuan.

Asisten I Setda Bengkulu Selatan, Yunizar Hasan mengimbau pemerintah desa dan kelurahan tidak asal mendata warga kurang mampu untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah.

“Kades itu jangan asal sebut warganya miskin untuk mendapatkan bantuan. Nanti malah bisa berbalik keadannya. Apalagi kalau kades, ketua RT atau lurah pilih kasih. Mendahulukan keluarga yang belum layak terima bantuan daripada warga yang layak,” tegas Yunizar belum lama ini.

Hal tersebut, tegas Yunizar wajib diterapkan oleh pemerintah desa atau kelurahan agar bantuan diterima oleh masyarakat yang tepat. Sehingga masyarakat yang kurang mampu dan menerima bantuan dapat keluar dari lingkaran kemiskinan.

“Tujuan utama dari bansos yang diberikan pemerintah itu kan untuk mengurangi angka kemiskinan,” katanya.

Untuk itu dia berharap dengan adanya konsistensi pihak pemerintah desa, RT dan kelurahan dalam menyampaikan data warga kurang mampu. Dapat terwujud tujuan utama dari bansos yang disalurkan pemerintah pusat ataupun daerah.

“Yang kondisi perekonomiannya sudah membaik lantaran menerima bantuan silahkan mengundurkan diri. Akan lebih bermanfaat bantuan diberikan untuk masyarakat yang benar – benar layak menerima sesuai dengan regulasi dan kategori sesuai undang – undang yang berlaku,” demikian Yunizar, Selasa (2/4/2019) (Mc Bengkulu Selatan)