Home Berita Asisten III Setda BS, Buka Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten

Asisten III Setda BS, Buka Kegiatan MTQ Tingkat Kabupaten

185
0

Bengkulu Selatan – Asisten III Setda Bengkulu Selatan, Arjo Arifin MM, secara resmi membuka kegiatan Musabaqah Tilawwatil Quran (MTQ) tingkat kabupaten di Masjid Jamiq, Selasa (30/4/2019)

Pada kesempatan itu Arjo, mengajak masyarakat terutama anak-anak dan remaja untuk meningkatkan kemampuan dalam semangat membaca Alquran, sebab Alquran merupakan petunjuk dan pedoman hidup bagi umat Islam.

“MTQ ini dilaksanakan bukan hanya menjadi kompetensi bagi putra-putri terbaik di Bengkulu Selatan. Tapi harus mampu mengamalkan isi kandungan Alquran dalam kehidupan sehari-hari,” harap Arjo.

Selain itu lanjut Arjo, ajang tersebut berperan sebagai ajang seleksi para Qori dan Qori’ah untuk megikuti MTQ Nasional tingkat Provinsi Sumatara Barat pada tahun 2019 mendatang di Kota Solok.

“Kepada Qori dan Qori’ah jadikanlah MTQ ini sebagai ajang silaturahmi dan menjaga kekompakan serta sportifitas dalam berlomba,” harapnya.

Selain itu, dia meminta kepada para dewan juri dan dewan hakim yang bertugas dapat memberikan penilaian secara baik jujur dan objektif, sehingga diperoleh Qori dan Qoriah yang berkualitas.

“Berikanlah penilaian seobjektif mungkin, karena pemenang dari kompetisi ini akan menjadi duta kita pada MTQ Provinsi,” tegasnya.

Arjo berharap, adanya MTQ kedepannya menjadikan BS sebagai daerah pencetak generasi yang agamis.

“Melalui seleksi yang ketat seperti ini, kita ingin mendapatkan Qori dan Qoriah serta Hafiz dan Hafizal,” papar

Sementara itu, Ketua panitia MTQ tingkat Kabupaten, H. Arsan Ersuan mengatakan, MTQ dilaksanakan selama dua hari. Adapun cabang yang dilombakan yakni cabang tilawah, tartil dan qariat dipusatkan di masjid Jamik.

Kemudian cabang hifzil quran, tafsir al quran, tahfoz dan alhadist di pusatkan di masjid Al Muwafaqah. Lalu untuk cabang khatil quran dipusatkan di MTs Al quraniyah.

“Untuk cabang fahmil quran, syahril quran dan musabaqah makalah al quran dipusatkan di aula kantor Kemenag. Untuk jumlah peserta total ada 72 orang dari seluruh cabang lomba. Mereka adalah perwakilan masing – masing kecamatan di Bengkulu Selatan,” pungkas Arsan.

Ikuti dgn serius kepada peserta setiap tahapan
72 peserta seluruh cabang dilaksanakan dua hari. (Mc Bengkulu Selatan )