Home Berita 74 Desa di Bengkulu Selatan Gelar Pilkades Serentak

74 Desa di Bengkulu Selatan Gelar Pilkades Serentak

657
0

Bengkulu Selatan – Sebanyak 74 desa di Kabupaten Bengkulu Selatan akan menggelar pemilihan kepala desa serentak pada 17 Oktober 2019 mendatang. Pilkades tersebut diharapkan berjalan lancar.

“Kami imbau semuanya masyarakat yang desanya menggelar Pilkades untuk selalu menjaga kerukunan dan ketertiban,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) BS, Siswanto S.Sos

Siswanto mengaku pihaknya belum menerima jumlah calon kepala desa (cakades) yang akan ikut pada pelaksanaan Pilkades nanti.

“Kalau data cakades belum ada. Yang pasti untuk incumben itu masih boleh ikut dengan catatan belum tiga periode,” terangnya.

Untuk persiapan, sambung Siswanto, pihaknya mulai menyelenggarakan sosialisasi terkait pelaksanaan Pilkades ke sejumlah desa di beberapa kecamatan yang akan menggelar Pilkades. Adapun beberapa syarat bagi masyarakat yang ingin mengikuti Pilkades yakni umur minimal 25 tahun, bisa dari ASN, TNI atau Polri dan tidak harus penduduk desa setempat.

Sementara itu Kapolres BS, AKBP Rudy Purnomo SIK mengimbau agar calon kepala desa tidak melakukan kampanye terselubung. Selain itu, ia juga mengajak masyarakat untuk tetap menjaga situasi yang kondusif.

“Jangan ada kampanye terselubung, dan jangan sampai ada gesekan,” pesan Kapolres.

Dia juga mengimbau kepada calon kades untuk menahan diri dan mengendalikan pendukungnya masing-masing, baik saat pencoblosan hingga pengumuman calon terpilih.

“Harus bisa mengendalikan diri dan pendukungnya, yang terpilih nantinya jangan sombong dan berbesar hati. Yang membuat ribut ataupun kerusuhan berarti tidak cinta dengan desanya. Apapun hasil dari Pilkades Serentak 2019 ini, kita harus tetap jaga silahturahmi,” pungkas Kapolres. (MC Bengkulu Selatan)