Home Berita Bupati Inginkan Kesadaran Warga Bersihkan Jalan Diblokir

Bupati Inginkan Kesadaran Warga Bersihkan Jalan Diblokir

172
0
Foto jalan yang diblokir warga.

Bengkulu Selatan – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi meminta warga Kelurahan Tanjung Mulya Kecamatan Pasar Manna, membuka jalan yang diblokir dan bergotong royong membersihkan sampah di jalan tersebut. Hal itu disampaikan Gusnan saat memantau kawasan tersebut didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Bengkulu Selatan, Erwin Mucksin, Camat Pasar Manna, Marwin S.Sos dan Camat Kota Manna, Titin Prihatin, Senin (8/7/2019).

“Kami cek jalan yang diblokir warga karena dijadikan tempat pembuangan sampah oleh warga sekitar. Kami tidak akan mengangkat ini (sampah) sebelum warga sekitar sini berkomitmen turut menjaga lingkungannya,” tegas Gusnan.

Dikatakan Gusnan, pihaknya melalui DLHK Bengkulu Selatan sudah pernah dan lebih dari sekali membersihkan sampah – sampah di jalan tersebut. Namun, rendahnya kesadaran masyarakat baik warga sekitar atau warga lainnya untuk menjaga lingkungannya membuat jalan di kawasan Kelurahan Tanjung Mulia itu kembali dipenuhi sampah. Sehingga jalan diblokir oleh warga setempat.

Pemerintah, sambung Gusnan, memang benar adalah pelayan masyarakat. Tetapi bukan berarti harus menangani hal – hal seperti ini. Masyarakat jangan jadi seenaknya sementara pemerintah harus bertanggung jawab dengan apa yang dibuat oleh masyarakat sendiri.

“Masyarakat sendiri harus bertanggung jawab menjaga lingkungannya masing – masing. Masyarakat disini harus bertanggung jawab atas lingkungannya sendiri disini,” ujar Gusnan.

Pihaknya juga berkomitmen akan mempidanakan siapa saja warga yang tertangkap membuang sampah sembarangan.

“Kami akan bawa ke ranah hukum bagi siapa saja yang kedapatan membuang sampah di lingkungan. Sudah ada aturannya ingat itu,” tegas Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)