Home Berita Berbaur Kebersihan Bersama Warga, Gusnan Siapkan Reward OTT Pembuang Sampah

Berbaur Kebersihan Bersama Warga, Gusnan Siapkan Reward OTT Pembuang Sampah

37
0

Bengkulu Selatan – Setelah sempat dikeluhkan warga, kondisi jalan yang menjadi tempat pembuangan sampah sembarangan kini telah kembali bersih. Kebersihan dilakukan secara gotong royong. Tidak ketinggalan, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi pun ikut turut gotong royong kebersihan bersama warga, Kamis (11/07/2019).

Pasca dibersihkan, Gusnan mengajak warga bersama-sama menjaga kebersihan dan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu Gusnan juga minta masyarakat pro aktif mengawasi dan melaporkan jika ditemukan oknun yang membuang sampah sembarangan.

Selain siap memproses pelaku pembuang sampah sembarangan ke ranah hukum sesuai Perda Nomor 01 Tahun 2017 dengan ancaman pidana kurungan paling lama tiga bulan dan denda paling banyak Rp 5 juta, Bupati juga menyiapkan reward bagi siapa saja yang berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) oknum pembuang sampah sembarangan.

“Yang bisa meng OTT pembuang sampah sembarangan, saya akan kasih reward satu orang Rp 500 ribu, di manapun itu,” tegas Gusnan.

Gusnan menyarankan, kepada warga, jika melihat ada oknum yang membuang sampah sembarangan agar mengambil video dan foto oknum tersebut. Catat nomor polisi dan ciri-ciri kendaraan yang digunakan saat membuang sampah serta laporkan. Untuk memberikan efek jerah, Gusnan berjanji akan memproses setiap pengaduan yang masuk.

Sementara itu, Kepala Dinas LHK Bengkulu Selatan, Erwin Muchsin mengaku akan berkoordinasi dengan Satpol PP terkait penegakan Perda Pengelolaan sampah.

“Untuk penegakan Perda, kami akan bekerjasama dengan Satpol PP. Ini tidak main-main, bagi yang tertangkap tangan membuang sampah sembarangan, akan kita tindak sesuai Perda,” tegas Erwin.

Erwin juga mengaku, pihak DLHK sudah sering membersihkan tempat pembuangan sampah sembarangan di Kelurahan Tanjung Mulya Kecamatan Pasar Manna. Sehingga, dirinya berkeinginan keras untuk memproses hukum pelaku pembuang sampah sembarangan.

Selain jajaran DLHK, Turut hadir dalam kegiatan gotong royong tersebut Camat Pasar Manna, Marwin dan jajaran Kelurahan Tanjung Mulya. (MC Bengkulu Selatan)