Home Berita Fasilitasi Kredit Usaha Rakyat ke Petani

Fasilitasi Kredit Usaha Rakyat ke Petani

171
0

Bengkulu Selatan – Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan sosialiasasi dan fasilitasi Kredit Usaha Rakyat (KUR) ke petani.

Ini dilakukan sebagai upaya agar petani bisa mendapat akses untuk mendapatkan kredit modal usaha di perbankan dengan suku bunga yang rendah.

“Kuota KUR untuk petani ini ada, tapi yang petani yang mengakses pinjaman KUR ke Bank masih rendah jika dibanding dengan sektor usaha lain seperti pedagang,” jelas Kabid Sarana dan Prasarana Pertanian Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Edi Siswanto.

Sementara itu, Fasilitator Kabupaten Bengkulu Selatan Fasilitas Pembiayaan Petani Swadaya, Jerly Biterfin menyampaikan, pada tahun ini sudah dilakukan sosialisasi di enam Kecamatan. Yakni Pino, Pino Raya, Seginim, Air Nipis, Kedurang dan Kedurang Ilir.

“Hari ini kami sosialisasi di Selali, Pino Raya. Bukan hanya sosialisasi, kalau persyaratan dan berkasnya sudah lengkap bisa langsung disampaikan ke bank,” jelas Jerly.

Namun, sampai Jerly, pengajuan Kredit Usaha Rakyat oleh petani tetap harus melalui proses yang ditetapkan oleh bank.

“Dalam sosialisasi kita juga melibatkan Bank BNI. Di sana masyarakat bisa langsung menerima informasi dari Bank,” imbuh Jerly.

Diharapkan, setelah petani bisa mendapatkan akses kredit dapat meningkatkan perekonomian petani. (MC Bengkulu Selatan)