Home Berita Jadi Irup Hari Pramuka ke-74, Bupati: Kembangkan Hard Skill,Perangi Sampah Plastik

Jadi Irup Hari Pramuka ke-74, Bupati: Kembangkan Hard Skill,Perangi Sampah Plastik

55
0

Bengkulu Selatan – Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi menjadi Inspektur Upacara Hari Pramuka Ke-74 Tahun 2019 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan. Pada kesempatan itu Bupati menegaskan Gerakan Pramuka harus dapat melaksanakan peranya dengan baik sebagai wadah pendidikkan katakter kaum muda.

Dalam Upacara yang berlangsung hikmat itu, Bupati Bengkulu Selatan mengucapkan selamat hari jadi Pramuka Ke-74 kepada seluruh jajaran Pramuka yang hadir. Selain itu Bupati memberikan penghargaan kepada 19 tokoh pramuka yang berjasa mengembangkan ke pramukaan didaerah, yakni Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka Lencana Panca Warsa Tahun 2019.

“Selamat hari jadi pramuka ke – 74 untuk seluruh jajaran Pramuka yang hadir semoga dapat terus berkarya dalam memajukan Bengkulu Selatan,” ucap Bupati, Rabu (14/8/2019).

Selanjutnya Bupati membacakan pidato Ketua Umum Gerakan Pramuka Nasional Komjen Pol (Purn) Drs. Budi Waseso yang mengusung tema “Bersama Segenap Komponen Bangsa, Gerakan Pramuka Siap Sedia Membangun Keutuhan NKRI.”

“Tema ini hadir ditengah – tengah keprihatinan banyaknya permasalahan kekinian yang mengancam keutuhan dan keberlangsungan negara dan bangsa Indonesia,” katanya.

Dalam sambutannya, Bupati berharap segenap anggota pramuka mengembangkan hard skill untuk setiap saat melakukan aksi nyata.

“Salah satunya yakni perang terhadap sampah plastik,” tegas Bupati.

Untuk itu sambung Bupati dalam kegiatan – kegiatan Pramuka, mulai menolak (refuse) penggunaan barang – barang yang berbahaya bagi lingkungan, bertekad semaksimal mungkin memanfaatkan produk yang dapat digunakan lagi (reuse) dan menghindari produksi sampah yang berbahaya bagi lingkungan.

Karena penggunaan produk plastik sekali pakai (reduce), serta terus menerus mengupayakan daur ulang (recycle) terhadap produksi sampah yang tidak dapat dihindari, khususnya dengan berupaya menjadikannya sebagai kompos yang bermanfaat.

Bupati juga mengajak segenap pengurus kwartir, para pelatih dan pembina serta semua anggota pramuka senantiasa menjadi pioneer dalam menanamkannilai nilai anti kejahatan luar biasa (extra ordinary crimes). Memerangi radikalisme dan terorisme diharapkan keikutsertaan Gerakan Pramuka.

“Caranya dengan secara terus menerus menjalin komunikasi dan menjajaki kerjasama dengan berbagai instansi terkait penanganan masalah tersebut,” pungkas Bupati. (MC Bengkulu Selatan)