Home Berita Pemkab Kaji Penambahan Kuota dan Kenaikan Insentif Guru PAUD

Pemkab Kaji Penambahan Kuota dan Kenaikan Insentif Guru PAUD

92
0

Bengkulu Selatan – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bengkulu Selatan (Dilbud) akan mengusulkan penambahan kuota penerima instentif guru PAUD pada tahun 2020.

Plt Kepala Dinas Dikbud BS Rispin Junaidi melalui Kasi Kelembagaan Sarana dan Prasarana PAUD dan PNF Heri Gunawan menjelaskan, saat ini baru ada 480 guru PAUD yang menerima instentif. Di tahun 2020, Dikbud akan nengusulkan penambahan kuota menjadi 700 hingga 800 guru PAUD yang akan diberikan instentif.

“Kita akan usulkan penambahan kuota untuk tahun 2020, tapi belum tahu berapa yang akan disetujui, tergantung kemampuan keuangan daerah,” jelas Heri Gunawan.

Adapun jumlah guru PAUD di Bengkulu Selatan saat ini mencapai 1.150 orang.

Sementara itu, Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi usai menghadiri kegiatan pelatihan peningkatan kualitas kepala PAUD se Bengkulu Selatan di Aula Dinas Dikbud, Senin (16/9) menyampaikan akan memperjuangkan penambahan honor guru PAUD pada tahun anggaran 2020.

“Kita berharap, terlepas dari jumlahnya berapa, untuk meningkatkan kinerja dan semangat guru PAUD, di 2020 kita akan sentuh atau naikkan honor guru PAUD,” jelas Gusnan.

Selain itu, Bupati juga mengimbau Kepala Desa se Bengkulu Selatan agar mengalokasikan anggaran untuk honor guru PAUD di desanya.

Senada dengan Bupati, Ketua Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (Himpaudi) Kabupaten Bengkulu Selatan, Jon Kanedi berharap dan mendukung upaya Bupati untuk menerbitkan Perbup tentang PAUD.

“Dalam draft Perbup dituangkan peranan Desa untuk menganggarkan honor guru PAUD di desa masing-masing, ini sesuai dengan regulasi yang ada, bahwa Dana Desa itu, ada alokasi untuk PAUD,” demikian Jon. (MC Bengkulu Selatan)