Home Berita Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Terima Usulan Replanting 322 Hektar Kebun Sawit

Dinas Pertanian Bengkulu Selatan Terima Usulan Replanting 322 Hektar Kebun Sawit

247
0

Bengkulu Selatan – Sejak dilakukan sosialisasi beberapa bulan yang lalu, Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan telah menerima usulan 322 Hektar kebun sawit masyarakat untuk ikut program peremajaan (Replanting) kelapa sawit.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bengkulu Selatan, Sukarni Dunip, melalui Kabid Perkebunan, Ahmad Sukirman menyampaikan rincian usulan tersebut tersebar di Kecamatan Kedurang Ilir seluas 75 Hektar dan Pino Raya 247 Hektar.

Bahkan, menurut Kabid, sebagian usulan tersebut sudah ada yang telah dilakukan penandatanganan tiga pihak, antara Badan Pengelolah Dana Kelapa Sawit, Perbankan dan Kelompok.

“Untuk Kedurang Ilir ity sudah disetujui Dirjen Perkebunan dan sudah verifikasi lengkap, sudah tandatangan tiga pihak, termasuk rekomteknya sudah keluar Bulan Agustus lalu. Termasuk yang di Karang Cayo dan Tanjung Aur II Kecamatan Pino Raya sudah keluar Bulan September lalu,” jelas Ahmad Sukirman, Rabu (23/10/2019).

Sementara untuk usulan dari Desa Pagar Gading seluas 67 Hektar dan Padang Beriang Kecamatan Pino Raya seluas 64 Hektar baru akan dibawa ke Kementerian pada Rakor akhir Oktober nanti.

Meski sudah ada yang dinyatakan lengkap, namun Kabid belum bisa memastikan kapan realisasi dana dan pekerjaan akan dimulai.

“Ini sumber dananya bukan dari APBN, ini khusus dari Badan Pengelolah Dana Keuangan Kelapa Sawit, dana ini disisikan dari kegiatan bisnis seluruh CPO di Indonesia. Artinya untuk realisasinya tidak tergantung tahun anggaran, meski di akhir tahun, bisa saja terealisasi,” beber Ahmad Sukirman.

Dirinya berharap, semoga kelompok yang sudah lengkap bisa segera terealisasi. Sehingga bisa menjadi pemicu bagi petani yang lain untuk melakukan peremajaan kelapa sawit yang tingkat produksinya minim, bibit asalan ataupun yang sudah tidak produktif lagi.

“Kuota Bengkulu Selatan ada 1075 Hektar, artinya masih banyak peluang. Dan kami tetap akan menerima setiap usulan yang masuk. Kepada masyarakat yang berminat untuk mengikuti program ini, silakan menghubungi PPL atau datang langsung ke Dinas Pertanian,” ujarnya.

Setiap Hektar kebun sawit yang akan diremajakan, akan menerima bantuan senilai Rp 25 juta. Masyarakat akan dibantu bibit sawit berkualitas sampai bibit tertanam. Juga tersedia untuk biaya pembuataab teras, alat berat, land clearing, upah tanam, upah angkut bibit dan lain sebagainya. (MC Bengkulu Selatan)