Home Berita Masyarakat Antusias Saksikan Lomba Tari Andun di Kecamatan Seginim

Masyarakat Antusias Saksikan Lomba Tari Andun di Kecamatan Seginim

109
0

Bengkulu Selatan – Dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-28 Kecamatan Seginim, pemerintah setempat menggelar kegiatan Lomba Tari Andun.

Kegiatan lomba tari andun yang digelar di Lapangan Sepak Bola Kelurahan Pasar Baru ini pun langsung dihadiri oleh Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi.

Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan apresiasi kepada masyarakat Kecamatan Seginim yang begitu antusias menyaksikan dan mengikuti kegiatan lomba tari andun ini. Gusnan juga menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada pemerintahan desa dan Kecamatan Seginim yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

Bupati berharap, kegiatan seperti ini bisa dilakukan secara berkelanjutan dan juga bisa diterapkan di kecamatan-kecamatan lain.

“Hilangnya adat budaya dan bahasa akan menghilangkan suatu bangsa. Maka pada malam hari ini kami bersyukur dan berterimakasih kepada Kecamatan Seginim yang telah menyelenggarakan kegiatan tari andun, yang merupakan bagian dari adat dan budaya kesenian daerah,” ujar Gusnan, saat kegiatan Pembukaan Lomba Tari Andun, Jumat (25/10) malam.

Gusnan juga mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama menjaga dan melestarikan adat budaya, kesenian dan bahasa daerah.

Sebagai upaya melestarikan adat dan budaya daerah, ke depannya, Gusnan mewacanakan akan memasukkan budaya, adat dan kesenian daerah ke dalam mata pelajaran di sekolah-sekolah sebagai Muatan Lokal.

“Mungkin nanti akan kita kemas dalam aturan, baik Perbup ataupun Perda,” papar Gusnan.

Sementara itu, Camat Seginim, Mardalena mengaku, sejak berdiri 28 tahun yang lalu, HUT Kecamatan baru tahun yang dilakukan berbagai kegiatan perayaan. Termasuk lomba tari andun.

“Lomba tari andun ini diikuti oleh 21 desa dan satu kelurahan se Kecamatan Seginim. Lomba ini mulai kategori anak-anak PAUD, TK, SD, SMP, SMA, Pemuda-Pemudi dan juga orang tua. Tujuannya untuk melestarikan adat dan budaya dari anak-anak hingga orang tua,” demikian Mardalena. (MC Bengkulu Selatan)