Home Berita Ternak Masih Berkeliaran, Ini Imbauan Bupati

Ternak Masih Berkeliaran, Ini Imbauan Bupati

127
0

Bengkulu Selatan – Meskipun Pemkab Bengkulu Selatan melalui Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) gencar menertibkan hewan ternak yang sengaja dilepasliarkan pemiliknya. Namun, masih saja ada hewan ternak yang berkeliaran di sejumlah wilayah Bengkulu Selatan.

Bahkan Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi meminta pihak Satpol PP menindak tegas pemilik ternak yang berulang kali ternaknya diamankan lantaran dilepasliarkan.

Kenapa harus dikandangkan? Menurut orang nomor satu di Bengkulu Selatan ini, ternak yang dikandangkan tentunya memberikan dampak positif bagi pemilik dan orang lain.

“Lebih produktif dan bagus (ternak-red). Bahkan pemerintah daerah memberikan jaminan atau asuransi jika ternak yang dikandangkan itu mati maka akan diganti,” ucap Gusnan belum lama ini.

Sementara bagi lingkungan tentunya akan lebih bersih dan nyaman. Masyarakat juga bisa menanami pekarangan rumahnya dengan sejumlah tanaman bermanfaat. Seperti sayuran atau tumbuhan obat dipekarangan rumah.

“Jangan takut ternak itu kurang produktif. Justru sebaliknya. Akan lebih baik. Tidak punya biaya? Tidak ada salahnya dijualkan satu ekor untuk modal pembuatan kandang dan pengelolaan kotoran ternak menjadi pupuk dan pakannya,” terang Gusnan.

Pemerintah desa, diharapkan mendukung dengan membelikan mesin pencacah pakan ternak. Sehingga limbah panen jagung atau sawit bisa diolah menjadi pakan ternak.

“Pakan olahan itu di fermentasi dan ketahanannya bisa sampai 6 bulan kedepannya. Saya bukan menakuti. Pemilik ternak bisa terancam hukuman pidana jika pengendara menabrak ternak. Karna dianggap telah lalai. Jadi tunggu apalagi, mari kandangkan ternak,” ajak Gusnan. (MC Bengkulu Selatan)