Home Berita Pemkab BS Terima Penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham RI

Pemkab BS Terima Penghargaan Peduli HAM dari Kemenkumham RI

245
0

Bengkulu Selatan – Peringatan Hari HAM (Hak Asasi Manusia) Sedunia ke-71 tingkat nasional berlangsung di Gedung Merdeka Jl Asia Afrika, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (10/12/2019).
Kegiatan dihadiri Menteri Kordinator Bidang Politik, Hukum dan HAM, Mahfud MD dan Menteri Hukum dan HAM, Yasonna Laoly.

Dalam momen tersebut, Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan memperoleh penghargaan dari Kementerian Hukum dan HAM sebagai Kabupaten Peduli Hak Asasi Manusia pada tahun 2018.

Penghargaan diterima langsung oleh perwakilan dari Bengkulu Selatan yang ditunjuk oleh Bupati untuk menghadiri rangkaian acara tersebut, dalam hal ini diwakili oleh Kepala Bagian Hukum dan Perundang-Undangan Sekretariat Daerah Kabupaten Bengkulu Selatan Hendri Donan dan Kabid Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Litbang Bengkulu Selatan, Rendra Febriyanto.

Dikatakan Hendri Donan, capaian aksi HAM Kabupaten Bengkulu Selatan berada pada zona hijau atau telah mencapai target 100 persen dengan indikator meliputi harmonisasi rancangan produk hukum daerah agar tidak mendiskriminasi hak-hak perempuan, anak, dan penyandang disabilitas, pemantauan dan penyelesaian perkara implementasi produk hukum daerah.

Lalu pengelolaan dan pemerataan distribusi jumlah guru di daerah. Kemudian penyediaan ruang menyusui yang memadai bagi perempuan bekerja di perkantoran milik pemerintah daerah dan swasta dalam rangka implementasi UU No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan PP No. 33 Tahun 2012 tentang Pemberian ASI Eksklusif. Selanjutnya adanya elayanan komunikasi masyarakat melalui peningkatan penanganan dan tindak lanjut pengaduan masyarakat terhadap dugaan pelanggaran hak perempuan, anak, penyandang disabilitas, masyarakat adat dan pengaduan terkait konflik lahan.

“Atas capaian aksi HAM itu Bengkulu Selatan mendapatkan apresiasi dari Kemenkumham RI yang tertulis dalam Surat Koordinator Sekber RANHAM Nomor: HAM-HA.02.02-49, tanggal 5 November 2019, Perihal Capaian Aksi HAM Tahun 2019 B09 Pemerintah Daerah,” beber Hendri Donan.

Diketahui Kemenkum HAM mencatat ada 271 dari 516 Kabupaten/Kota yang melaksanakan komitmennya dalam pemenuhan hak dasar masyarakat di wilayahnya.

Nah, Kabupaten Bengkulu Selatan adalah salah satu Kabupaten/Kota yang sungguh-sungguh melaksanakan komitmen dalam penerapan nilai-nilai HAM dalam pelayanannya.

Lebih lanjut, penghargaan diberikan sebagai motivator dan menjadi pendorong dalam pemenuhan hak dasar masyarakat. Lebih spesifik dalam pemenuhan hak dasar bidang kesehatan, pendidikan, hak-hak perempuan dan anak, hak atas pekerjaan, perumahan yang layak, dan lingkungan yang berkelanjutan. Tahun ini peringatan Hari HAM ke-71 mengambil tema Pelayanan Publik yang Berkeadilan.

“Atas nama pak Bupati mengucapkan terima kasih atas dukungan dan kerjasama seluruh pihak atas raihan prestasi ini,” tandasnya. (MC Bengkulu Selatan)