Home Berita 1.500 Blanko e – KTP Sudah Tersedia

1.500 Blanko e – KTP Sudah Tersedia

365
0
Ilustrasi

Bengkulu Selatan – Setelah beberapa lama terjadi kekosongan blanko e-KTP, kini warga Bengkulu Selatan bisa segera melakukan pencetakan. Sebab, stok blangko e-KTP di Diskucapil sudah tersedia. Sebanyak 1500 keping blangko siap didistribusikan.

Kepala Dinas Dukcapil Bengkulu Selatan, Gunawan Suryadi S.Sos MAP mengatakan pihaknya memprioritaskan masyarakat yang belum melakukan perekaman dan memegang surat keterangan (suket).

“Karena stocknya terbatas. Jadi kita prioritaskan yang perekaman baru dan yang memegang suket,” terang Gunawan.

Disisi lain, menjelang Pilkada serentak 2020 mendatang. Pihak Dinas Dukcapil meminta masyarakat yang belum terdaftar di dalam data base kependudukan segera mendatangi Dinas Dukcapil supaya segera diterbitkan Nomor Induk Kependudukannya.

“Kalau tidak ada NIK nya nanti tidak bisa milih. Kan salah satu syarat memilih itu harus ada KTP,” ujar Gunawan.

Selain itu, lanjut Gunawan, pihaknya akan jemput bola melayani lansia yang dalam kondisi sakit menahun dan belum terdaftar di data base kependudukan. Pihaknya akan mendatangi rumah lansia untuk melakukan perekaman data kependudukan.

“Dukcapil akan jemput bola. Peran pemdes dan lurah melaporkan. Atau meminta pihak keluarga mengurus ke Dukcapil untuk lansia yang belum terdaftar. Setidaknya saat ini masih ada sekitar 600 ribu jiwa yang belum terdaftar dari sekitar 121 ribu jiwa lebih wajib KTP di Bengkulu Selatan,” pungkasnya. (MC Bengkulu Selatan)