Home Berita Tingkatkan Layanan Kesehatan, 1 Desa Wajib 1 Perawat

Tingkatkan Layanan Kesehatan, 1 Desa Wajib 1 Perawat

353
0

Bengkulu Selatan – Guna meningkatkan layanan kesehatan khususnya untuk masyarakat desa di Bengkulu Selatan. Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi meminta Pemerintah Desa menunjuk atau memulai program satu perawat satu desa.

Dikatakan Bupati, program Satu Desa Satu Perawat ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat membiasakan pola hidup bersih dan sehat. Gagasan itu berdasarkan masukan dari masyarakat desa yang mengharapkan ada mantri desa untuk menjamin kualitas kesehatan melalui upaya promotif dan preventif.

Perawat desa ini, lanjut Bupati, akan terjun langsung secara mobile setiap hari melakukan berbagai kampanye kesehatan ke masyarakat. Serta berkoordinasi kepada pihak puskesmas atau rumah sakit disaat pertolongan pertama tidak bisa dilakukan lagi maka akan dilakukan penjemputan untuk ditangani lebih di puskesmas atau rumah sakit.

“Tugasnya bisa di kantor kepala desa. Setiap hari menjadwal ke daerah mana untuk sosialisasi sekaligus juga melakukan pertolongan pertama. Saya harap pemerintah desa segera merealisasikan program tersebut,” pungkas Bupati, Senin (27/1/2020). (MC Bengkulu Selatan)