Home Berita Pemkab Fokus Kembangkan Objek Wisata Unggulan

Pemkab Fokus Kembangkan Objek Wisata Unggulan

2009
0
Meningkatkan kawasan objek wisata salah satu fokus pembangunan di BS

Bengkulu Selatan – Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan komitmen kembangkan dua objek wisata unggulan sesuai yang ditetapkan Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah.Yakni pantai Pasar Bawah dan wisata Arung Jeram Desa Air Tenam Kecamatan Ulu Manna.

Penjabat Sekretaris Kabupaten Bengkulu Selatan, Drs. H. Yulian Fauzi MAP mengatakan, Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Kementerian Pariwisata (Kemenpar) RI Tahun Anggaran 2019 sebesar Rp1,7 miliar akan dialokasikan seluruhnya untuk pengembangan objek wisata pantai Pasar Bawah.

“Sudah tentu dengan anggaran DAK Kemenpar RI tersebut akan nampak geliat pembangunan di pantai Pasar Bawah,” ujar Yulian.

Adapun rencana pembangunan yang akan dilakukan pihak Pemkab Bengkulu Selatan di lokasi pantai Pasar Bawah diantaranya, pembangunan lokasi parkir, menara pandang dan jalan setapak.

Pengembangan objek wisata pantai Pasar Bawah, juga akan didukung dari dana APBD Tahun 2019. Dengan rencana pembangunan yang akan dilakukan diantaranya perbaikan gazebo dan bangunan tempat pertemuan.

Sementara untuk di lokasi wisata Arung Jeram Desa Air Tenam akan ditambah sebanyak 10 perahu karet, pelatihan operator yang bersertifikasi dan membangun ruang ganti di lokasi finish. Saat ini pihak Dinas Pariwisata Bengkulu Selatan, masih meninjau lokasi mana yang cocok dijadikan tempat pembangunan ruang ganti.

Kemudian, pihak Dinas Pariwisata juga sedang menggarap pembuatan Peraturan Daerah (Perda) tentang pengelolaan objek wisata Arung Jeram. Dimana dalam Perda tersebut mengatur biaya sewa wisata Arung Jeram tersebut.

“Tujuannya itu untuk meningkatkan PAD Bengkulu Selatan,” ujar Yulian.

Dia berharap sejalan dengan pengembangan dua objek wisata unggulan tersebut masyarakat diharapkan berperan dalam menjaga khususnya pembangunan dan kebersihan lokasi objek wisata.

“Bangunan yang ada dijaga dan jangan dirusak. Kebersihan saya harapkan diutamakan untuk dijaga,” pesan Yulian. (MC Bengkulu Selatan)