Home Berita Pembangunan Membaik IPM BS Meningkat

Pembangunan Membaik IPM BS Meningkat

130
0

Bengkulu Selatan– Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Bengkulu Selatan terus mengalami kemajuan pada tahun 2020.

Tercatat pada Badan Pusat Statistik (BPS) IPM di Bengkulu Selatan berada di posisi kedua tertingi di Provinsi Bengkulu dengan persentase mencapai 70,63 atau dalam kategori tinggi.

Kepala BPS Bengkulu Selatan Ir Arbi mengatakan meningkatnya status IPM ini menggambarkan level dari dampak kegiatan pembangunan yang telah dilakukan oleh Pemerintah.

“Peningkatan indeks pembangunan manusia pada tahun 2020 ini merupakan bukti keberhasilan pemerintah dalam melakukan pembangunan,” jelas Arbi.

Penentuan status IPM sangat tinggi itu sendiri apabila IPM ≥ 80, tinggi 70≤IPM<80, sedang 60≤IPM<70, dan rendah apabila IPM<60.

Kepala BPS menambahkan bahwa, penentuan status IPM yang mencapai kategori tinggi ini terdiri dari 4 indikator yang diantarnya, angka umur harapan hidup yang mencapai angka 67, 90, untuk angka rata-rata lama sekolah mencapai 9,26, harapan lama sekolah mencapai angka 13,61, dan yang terkahir angka pengeluaran per-kapita yang mencapai angka Rp. 9.837.000 pertahun.

Dari pencapaian yang sudah diperoleh pada tahun 2020 diharapakan dapat menjadi sebuah acuan Pemerintah kedepan untuk dapat terus melakukan pembangun dengan baik yang sesuai dengan on the track.

“Peran pemerintah itu adalah hal yang sangat signifikan untuk mencipatakan pembangunan yang baik itu, untuk itu pemerintah dapat bekerja sesuai dengan porsinya masing-masing,” Demikian Arbi. (MC Bengkulu Selatan)