Home Uncategorized Warga Tran Sulian Batu Ampar Kedurang Meminta Agar Lebih Di Perhatikan

Warga Tran Sulian Batu Ampar Kedurang Meminta Agar Lebih Di Perhatikan

554
0

Transmigrasi adalah merupakan suatu program pemerintah untuk memeratakan kepadatan penduduk dari daerah yang padat kedaerah yang kurang atau jarang penduduknya. Dengan bertransmigrasi masyarakat khususnya yang kurang mampu dan tidak memiliki lahan mendapat kesempatan untuk meningkatkan kesejahteraannya.

Rabu 29 Juni 2022 Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi SE M.M, melakukan kunjungan monitoring dan evaluasi terhadap penempatan transmigran dengan melibatkan, Sekretaris Deputi PPWPB Kemenko PMK RI, Ditjen Holtikultura Kemendes PDTT RI, BPIW PUPR Kementan RI, Kemendagri RI, Kemenpora RI, Bappenas RI, Kemenkes RI,Sesda BS, Nakertrans BS, Nakertrans Prov, Bagian Hukum dan Tata Pemerintahan, ,hal ini dilakukan untuk mengetahui kondisi dan kesejahteraan masyarakat transmigran, baik menyangkut hak kepemilikan tanah, sarana produksi pertanian, infrastrukur maupun fasilitas umum lainnya.

Dari hasil kunjungan dan tanya jawab kepada beberapa transmigran, didapatkan informasi antara lain, Infrastruktur jalan menuju lokasi trans yang memang masih buruk, Penerangan yang masih mengandalkan tenaga surya, Air bersih yang susah di jangkau dari pemukiman karna ketinggian lokasi serta sarana Pendidikan yang masih sangat rendah.

Dalam laporan monitoring dan evaluasi penempatan transmigran ini kiranya dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pemegang kebijakan untuk dapat mengambil langkah-langkah penanganan, agar hak-hak mereka (Transmigran) dapat dipenuhi antara lain hak kepemilikan tanah, fasilitas umum berupa jalan, Sekolah, air bersih dan lain lain.

Sehingga para transmigran tersebut mendapat perhatian yang lebih agar kondisi dari semula kurang baik akan menjadi lebih baik dan menuju transmigran yang sejahtera lahir dan bathin, demi masa depan anak dan cucu mereka dan kelak menjadi manusia yang memiliki sumber daya untuk membangun daerah setempat. (MC)