Home Uncategorized Kominfo BS Sosialisasikan SPBE Serta Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik

Kominfo BS Sosialisasikan SPBE Serta Pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik

374
0

Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) adalah penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk memberikan layanan kepada Pengguna SPBE.

SPBE ditujukan untuk untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya. Tata kelola dan manajemen sistem pemerintahan berbasis elektronik secara nasional juga diperlukan untuk meningkatkan keterpaduan dan efisiensi sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Rakor yang diinisiasi oleh Dinas Kominfo Bengkulu Selatan ini dihadiri oleh Sekda Bengkulu Selatan Sukarni Dunip S.P M,Si serta seluruh Kepala OPD dan Camat se Kabupaten Bengkulu Selatan, dilaksanakan di ruang rapat Sekretariat Daerah pada Selasa (27/9/22).

Dalam rapat Sesda Bengkulu Selatan mengatakan “digitalisasi pelayanan publik, digitalisasi proses bisnis pemerintah, nah ini yang harus kita awamkan. Hal ini merupakan sebuah alur dalam kita melaksanakan pekerjaan, ada produknya dan kemudian ada pembiayaan yang dikeluarkan. Ini merupakan bentuk transformasi sistem kerja Super Apps atau Aplikasi Umum all-in-one untuk mengakses berbagai layanan sekaligus dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronikā€ jelas Sekda.

Kemudian Kadis Kominfo Ir. Susmanto, M.M menyampaikan ” Grand Design Reformasi Birokrasi menargetkan tercapainya 3 (tiga) sasaran utama, yaitu peningkatan kapasitas dan akuntabilitas organisasi, pemerintah yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan pelayanan publik.

Reformasi Birokrasi menargetkan terlaksananya transformasi birokrasi dalam sistem pemerintahan. Transformasi tersebut terdiri atas 3 poin penting yaitu transformasi organisasi yang diwujudkan dengan delayering eselonisasi; transformasi Sumber Daya Manusia (SDM) melalui penguatan sumber daya kerja dan peningkatan kapasitas SDM pemerintah; serta transformasi sistem kerja melalui penerapan digital governance SPBE” (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik)

Kemudian dari Bidang Persandian dan Keamanan Informasi Dinas Kominfo Bengkulu Selatan ikut menjelaskan / mensosialisasikan Bimtek mengenai pemanfaatan Tanda Tangan Elektronik.

Pada kegiatan tersebut juga membahas mengenai tahapan integrasi Aplikasi Docang dengan Tanda Tangan Elektronik, dan strategi untuk meregistrasikan Tanda Tangan Elektronik untuk seluruh pejabat Eselon IV, III dan II pada lingkungan Pemerintah Daerah Bengkulu Selatan. (MC)